Howdy, my Dearest Reader ! Cemal-cemil dulu yaa sambil nunggu loading...



Culinary : Makan Yok Makaaaann~ di CASA KALEA ! :D | Our uniqueness is unrivalry! ♥

Culinary : Makan Yok Makaaaann~ di CASA KALEA ! :D

Hi, all my Readers~



apa kabar nih....?
Semoga selalu sehat dan bahagia ya~ :3

sorry baru update lagi nih. udah lama emang engga nulis post.

Alasannya??

Klasik, karena banyak kerjaan. (Ihh.....sok sibuk!) Hufthh...  :(



So karena ini long weekend dan hectic kerjaan udah mereda, akhirnya kita bisa bikin postingan deh. Berhubung kemarin niatnya melepas penat, kita ceritanya ingin menutup working day gitu sebelom long weekend ini... terus kami memutuskan buat postingan tentang kuliner deh. Tau lah berkuliner itu bisa membuat orang yang tadinya penat jadi happy lagi, yang tadinya lemes jadi semangat berenergi lagi. hehe.. :D

Kemarin kita engga mau kuliner yang jauh-jauh, pengennya yang deket rumah aja.
Pertama karena males macetnya dan kedua abis makan kan suka ngantuk tuh ya, jadi biar bisa cepet nyampe rumah. hahay~ XD

Terusnya kita memutuskan pilih kuliner di tempat ini nih.. :D




Namanya CASA KALEA, Lokasinya sebelah LABA LABA, sederetan dengan JNE PUSAT MARGONDA dan itu di jalan Margonda Raya Depok, Kota Depok, Jawa Barat.








ownernya baik banget Namanya Pak Kareem Surya.
Seorang bapak-bapak berkebangsaan India Indonesia Islam gitu.


Pernah pertama kalinya kita berkunjung terus penuh karena di booking buat acara, akhirnya kita dapet tempat diliuar dan aku pribadi kurang suka diluar ruangan.. karena debu dan bising terus banyak juga yang ngerokok. Nah si ownernya ini tuh baiknya, nemenin kita. Dia cerita, tanya-tanya atau ngobrol-ngobrol kecil sampai kesel ku ngerasa ilang sampai makanan kita abis juga...kebetulan kita waktu itu engga pesen banyak. Jarang loh seorang owner restaurant/cafe bersikap begitu ke pengunjung lapaknya.

Dan Saat kita ngobrol dulu aku inget banget aku sempat juga tanya-tanya soal konsep dan arti Cafenya. Katanya sih... pemilihan konsep didasari atas nama kafe itu sendiri. Casa yang berasal dari bahasa Italia mempunyai arti “rumah” dan kaela dari bahasa Hawaii yang artinya “penuh dengan kecerian”. Jika dimaknai artinya adalah rumah yang penuh dengan keceriaan, diharapkan pengunjung dapat ceria dengan sajian menu yang dihidangkan. Begitu pun dengan pemilihan warna yang hanya tiga warna, yakni hitam, putih, dan kuning seperti Kabah di Makkah.

Eh iya, kemarin sih kebetulan ada anak-anaknya cewe 2 orang masih muda umur sekitar 20 tahunan jaga cafe di bagian cashier juga jadi waitressnya. Lalu entah 2 laki-laki lainnya itu siapa. Satu 30 tahunan india banget mukanya agak gemuk terus satu lagi biasa aja kurus macam tipikal orang indonesia melayu.

Karena ownernya beragama islam maka engga begitu khawatirlah soal bahan baku makanannya halal atau tidak. Ya jelas halal lah. hehe..
Namun aku bukan yang selalu berasumsi ya, kalau owner islam pasti bahan baku makanannya selalu halal. BUKAN. Selain faktor itu kita ngeliat dari pas pesen terus nyobain makanannya, dan yak terbukti engga ada daging-daging selain beef atau ayam dan rasa lainnya macam white wine/red wine atau rum dan alkohol.


Oke, cukup kilasan ceritanya ya.. hehe..
sekarang kita bahas soal lebih mendalam.



Ini buku menunya.
Hmm...daripada dibilang buku aku rasa ini lebih cocok dibilang lembar menu ya? (^^;)
Lembar menunya di design bentuk lipat dengan kertas tebal (seperti ketas tebal untuk undnagan perkawinan) dan ada 2 lipatan yang membentuk jadi 3 bagian. Karena kertasnya kaku jadi dia bisa diletakkan berdiri di meja.
Designnya juga dibubuhi warna-warni abstarak seperti pola watercolor cerah di sisi atas dan bawah menu. Font juga pas, tidak terlalu rapat, tidak terlalu kecil dan besar membuat enak dibaca...terus karena menu tidak banyak dan ribet jadinya terkesan rapi enak dipandang.
Simple yaa dan cukup menarik~ :D








Ini pesenananya Distie ya..



Dia pesen Grilled Smoke Beef Sandwich sebagai makanan pembuka



Ini tuh enak bangeeeeeettt..... Daging beefnya tuh dimasak tidak kering, matang, masih merah tapi tidak mentah. Karena dimasaknya begitu menjadikan tekture daging yang lembut dan fresh.
Rotinya juga lembut, engga nyiksa orang lagi sakit gigi (aku lagi sakit gigi). XD

isiannya ada mayonaise, smoke beef, tomat, selada putih dan keju lembaran. Standarlah tapi enak.




RECOMMENDED - Nilai 80




Nasi Goreng Lada Hitam adalah yang Distie pilih sebagai makanan utama



Ini nasi goreng lumayan enak, tapi yang bikin dapet nilai bagus tuh karena rasanya tepat sama namanya Nasi Goreng Lada Hitam.
Kerasaaaaaa banget pedes lada hitamnya tapi masih normal ya, engga over kebanyakan lada gitu.
Rasa gurihnya pas, tapi yang kurang disukai ini soal seleras sih ya tapinya.. Nasi Gorengnya itu basah.

Aku sama Distie kurang suka NasGor yang basah gitu, kita suka banget sama nasi goreng yang kering dan tidak banyak minyak.  :3


isinya ini Nasi Goreng itu ada butiran utuh jagung manis, kacang polong, irisan kotak kecil wortel, Telur, dan Daging Cincang. Ada garnishnya ada acar (timun, wortel, cabai hijau) terus tomat...timun slice miring dan selembar selada putih. Jangan lupa kerupuk udangnyaaa lumayan ada juga 3 biji~ :D




RECOMMENDED - Nilai 75




Hot Capuccino dan Ice Peppermint Tea (Maaf ini engga difoto, lupa. #Maapin)


Yang Jelas keduanya enak standar.
Cappucino hangatnya lumayan memanjakan lidah yang haus akan kopi, Walapun engga seenak kopi di kedai/cafe khusus kopi ya..
Peppermintnya kurang berasa rasa peppermint, tapi untuk enak tehnya? yaaa boleh lah...

Ini disuguhkan dengan gelas yang langsing panjang dan untuk Cappucinonya disuguhkan dengan cangkir umum untuk Cappucino.




RECOMMENDED - Nilai 70





Nah, kalau aku sih pesen..




Pertama-tama kita bahas soal makanan pembukanya...
Untuk makanan pembuka aku pesan

Chicken Creamsoup.

Ini enak! sumpah!




Kalau untuk skala Depok, enaknya Creamsoup disini bisa diadu sama Creamsoupnya Ghawil Cafe dan The Harvest. Mantap kan? :D

Memang teksturnya lebih cair daaripada yang di Ghawil dan di The Harvest. Tapi kaldunya itu berasa banget dan rasa creamy juga kentangnya ngeblend banget.
Jadi pas dimakan tuh.... aduuuuuuhhh......macam meleleh dan berkolaborasi dengan baik di mulut. Dan yang penting, engga nyelekit rasa MSG plus bikin gatel tenggorokan karena bubuk kentangnya yang entah kurang ngeblend atau butirannya terlalu harsh.




Size penyajian standar ya, dengan mangkuk khusus creamsoup atau soup yang biasa ada di hotel-hotel atau restaurant western. Potongan ayamnya Lumayan tebal dan agak besar, tidak pelit. Xixixixi... XD




RECOMMENDED - NILAI 85





Fettucini Alfredo


Setelah habis menyantap Chicken Creamsoup, tiba saatnya aku mencoba menu utama.
Tak lain dan tak bukan adalah Pasta. hehe..

Makanan kesukaanku yang paling wajib dicoba semisal resto yang kita kunjungi tersedia.
Aku pesen Fettucini Alfredo. Yaitu Spaghetti dengan mie pipih melebar disertai bumbu creamy putih plus topping potongan smoke beef.


Oke dimulai dari tekstur ya, ini pemasakannya pas. Jadi tekturenya tidak terlalu lembek empuk tapi tidak keras juga, Al Dente lah pokoknya. hihi...
Potongan smoke beefnya juga enak, mirip kayak yang di Sandwichnya Distie pesen.
ada kacang polong yang pas juga tingkat kematangannya.

Sayangnya aku kurang suka Pasta Alfredo yang kering kayak gini, aku sukanya yang masih ada....
apa ya bilangnya... hmmm.... "kuah"? Wakakakak.. XD
Ya lah, sebut aja begitu, kuah creamynya. kan itu enak.

Ini sizenya engga banyak, walaupun bukan pake piring yang besar juga tapi ini emang engga terlalu banyak. Kalau jadi perbandingan engga sebanyak di Pizza Hut lah, Nmaun cukup mengenyangkan.
Dan pas lah jadi kenyang setelah menyantap si Creamsoup dan icip sana sini punya Distie sesendok sesendok doang. Haha.. XD


Rasanya enak sih, Tapi kurang bergairah makannya karena bagi aku segitu termasuk kering. (^^;)
Rasa creamynya enak, tekture creamynya pas, gurihnya pas, rasa keseluruhan engga hambar atau kelebihan rasa.  Eh tapi ya, kurang bergairah makannya gitu tapi tetap abis juga. Wakakakak.. XD


Penyajian disuguhkan dengan piring oval datar agak cekung yang besar.




RECOMMENDED - NILAI 80






Selanjutnya, soal minuman aku pesen Ice Lemon Tea dan Macha Frozen.

Ice Lemon Teanya enak, balance rasanya. Engga terlalu asam dan tidak terlalu manis plus tidak pait paitnya teh. Disiguhkan dengan gelas bening ramping dan panjang dan di kasih garnish irisan tipis lemon yang di taruh di pinggir bibir gelas.

Untuk Macha Frozennya....ini enak! walaupun enaknya engga sebanget kayak di Starbucks atau di J.Co ya, karena rasa greenteanya doang yang ngebuat kurang nonjok. Tapi kalau yang biasa aja sama greentea atau buakn greentea freak ya enak. Abis pas gitu rasanya, BALANCE!
Tidak terlalu manis seperti di J.Co, tidak tawar juga seperti Greetea sachetan yang dijual diminimarket dan tidak terasa pahitnya greentea seperti bubuk greentea asli.

oh iya, ini disiguhkan seperti gelas yang bawahnya mengecil semakin ketas itu melebar, gelasnya bening juga. Tidak ada Whipping Cream hanya ada foam dari proses ngeblendnya si greentea aja.





RECOMMENDED - NILAI 85







Ok, sekarang kita bahas tentang Dekor ruangan atau bagaimana sih penampakan cafenya.



Nah ini aku kasih beberapa fotonya dulu ya untuk penampakan ruangan dalamnya, yang lainnya nyusul yaitu penampakan luarnya. Karena ada di hapenya Distie belom sempat di transfer.  Hiks.. #MAAPIN~ :'(


Lokasi kita duduk duh ada di sebalah kiri dari pintu masuk Jika posisi kamu menuju masuk kedalam,
ngelewatin 2 pasang bangku sofa berukuran 2 orang dan kita duduk bangku sofa ke 3 dari pintu masuk. Pokoknya deket tangga dan seberangnya kasir.





Bukanya dari jam 11.00 WIB siang sampai jam 23.00 WIB malam.







Terus Cafe ini kalau dilogikakan hitungan kasar ya... bisa berkapasitas 52 orang di lantai bawah dan 75 orang di lantai atas yang berfungsi sebagai ruang serbaguna, ruang pertemuan, atau acara lain yang membutuhkan ruangan besar.

Menurut aku konsep Cafe dengan galeri seni memang baru ada di Depok. Dan Cozy juga kayak dirumah suasananya.


Disini bisa loh ngadain acara gitu, soalnya udah ada fasilitasnya.. ada TV LCD terus Proyektor, Mic, Speaker macam home theater gitu dan DVD kalau engga salah liat. Ada panggung kecilnya juga. Letaknya samping kasir itu jadi di tengah-tengah lah.



Bagi yang bawa mobil rame-rame mau kesini harap di antisipasi karena parkirannya kecil. Tapi kalau motor masih bisa menampung, walaupun tidak banyak juga.



*****

Ok deh, cukup itu aja ulasan kali ini. Semoga ulasan dan penilaiannya sesuai dengan kenyataan setelah kalian mencobanya langsung. Ulasan ini tidak ada maksud untuk menjatuhkan pihak-pihak atau suatu Cafe/Restaurant yang sedang di ulas.

Hanya bertujuan sebagai refrensi untuk para pembaca yang sedang membutuhkan informasi tempat makan yang enak juga nyaman. Mohon maaf bila ada salah kata.

*****



Terimakasih~





Hugs and kisses

Shapie_YuPie







Share:

0 comments

Posting komentar kalian yaa di sini. Masih sepi nih. ^^