Howdy, my Dearest Reader ! Cemal-cemil dulu yaa sambil nunggu loading...



IMPORTANT THINGS : DUST BAG & SILICA GEL | Our uniqueness is unrivalry! ♥

IMPORTANT THINGS : DUST BAG & SILICA GEL



Hi Readers... maaf ya baru update lagi. Benar-benar baru sempat update karena kesibukan yang menggila padatnya, jadi ada yang harus dikorbankan sementara untuk disingkirkan dulu dari list kegiatan, diantaranya nge-Blog ini. Bukan tak sayang kalian lagi Readers ku, apalah daya ku dan waktu yang hanya ada 24 jam saja dalam sehari... :(


Hmm..... oh ya, mau ngabarin juga sih semisal kelamaan nunggu updatean aku disini... aku malah sering update di Instagram tentang review singkat suatu produk, tempat menginap dan wisata, barang atau kuliner. Kalau berkenan mau tau apa aja detailnya, silakan cek aja ya di Instagram aku. hehe.. ;D




Kalau mau tau isi dalamnya/add...
 silakan PM IG dulu ya seperti ini... "Teman Blogger",
Biar aku bisa langsung ACC kalian. Karena akunnya aku di private, engga suka ada yang Spam di akun aku. :P  XD





Kali ini aku mau review soal Dust Bag.
Hayoooooo...ada yang udah tau belom Dust Bag itu apa?? :D
kalau belom dan mau tau pemahaman lebih soal Dust Bag, yuk ikutin sampai abis tulisan ku kali ini yaa~  ;3


________________________________________________________________


Dust Bag atau singkat kata semisal kita males ngetik kepanjangan ketika beli tas sama seller nulisnya "DB". Soal DB ini masih banyak orang yang meremehkan sizenya DB itu sendiri dengan size isi di dalam DB itu sendiri. Isinya entah seperti tas, dompet, sabuk sampai helm. Dan sayangnya salah satu oknum yang ngeremehin size DB itu sendiri adalah selleeeeerrr.... yaaaaangg... jualaaaaann... tas!



"Apaan sih lo, timbang size DB doang.  Lebay amat sampe dibikin postingan blog gini! "

" Duh ileh, yang penting kan ada 2 Dust Bag. Udah kali engga usah dipermasalahin... "

" Yaelah DB kekecilan doang pake sebegininya segala! "



Duh, yang masih bisa ngomong gitu kalau engga biasa make DB untuk tas kesayangannya, ya mungkin bisa jadi nih.... buat bungkus tasnya itu dia make kertas koran atau karung bekas beras, bahkan bisa jadi juga pake plastik kresek bekas beli sayuran.

Kalau yang belom ngerti peran besar DB masih mending lah, daripada orang-orang yang udah ngerti... tapi menyepelekan.  (- ,-)



sebelum itu aku jelasin dulu apa itu Dust Bag dan fungsinya..

_____________________________________________________________


Apa itu Dust Bag dan Fungsi Dust Bag



Dust Bag itu....
Menurut aku DB itu sebuah kantung kain berbagai ukuran dan bahan untuk memyimpan dan melindungi barang-barang koleksi.



Fungsinya untuk.....
Melindungi tas/pouch/dompet/clutch/pakaian/sabuk/boneka/perhiasan/helm dari debu dan kotoran. Yang bisa membantu sedikit banyak dalam merawat tas.





Namun... banyak orang yang menganggap remeh soal size DB tersebut, sebagai contoh pada gambar yg saya lampirkan di tulisan Blog ini. Bagi kebanyakan orang/seller, hal ini bukanlah hal yg bisa dikomplain atau dengan kata lain itu bukan sebuah masalah krusial.. yang dikarenakan DB ini merupakan item sekunder yang tak sepenting isi di dalam Db itu sendiri.



Hellow... Itu DB belum aku serut loh agar tertutup.

Ya apalah arti peran DB kalau engga diserut/tertutup?
Percuma dong, debu bisa masuk lebih sesuka hatinya yg bisa menimbulkan stain debu atau kerak debu yg membandel.




[ For Your Info ]

DB yang baik dan wajar itu adalah yang ukurannya jauh lebih besar dari isinya.
ibarat itungan kasarnya 1-2 kali dari besar isi di dalam DB tersebut.
Dan itu satu lembar DB ya, bukan 2 lembar DB berukuran lebih kecil dari tasnya dijadikan satu untuk saling menutupi bagian tas yang nongol/engga tertutup oleh si DB tersebut.





Seperti ini contohnya....












Sebagai contohnya tas aku, ini kesalahan menurutku...

           
[ Meh... 😞  ada yang nongol!  ]



            
[ Apa- apaan ini? ]



             
[ Masa dikasih DB dengan 2 size yg berbeda, udah itu kekecilan pula ]



Kenapa cuma begitu ko jadi kesalahan?  karenaaa...


Dia seller tas dan jasa titip jual-beli tas atau sepatu berpengalaman, 
merk tasnya yang dia jual se-branded tas Fossil tapi berasal dari daratan Eropa. Dia pula udah dikenal dalam grup Jual-Beli merk tas eropa tersebut adalah seller yang baik (tau deh apanya yang baik, menurut aku sih NO. haha). Otomatis tau lah etika soal serba serbi tas itu gimana. Tapi ko... loh? beda dengan kenyatan.  ("- ,-)

Aku engga suka tanggapan seller yang sudah berpengalaman "katanya" jualan tas itu, seperti meremehkan komplain aku. Karena ya baginya itu sesuatu yang normal-normal aja.

Hell yeah, fix lah sepertinya menurut aku... kamu engga mengerti soal etika bagaimana menjaga tas yang baik bermula dari DB yang bersize tepat.



[ Padahal dia engga ada ngejelasin SnK belanja di dia, aku yang mengambil kesimpulannya dari pola obrolan. Aku rasa dia engga pernah buat SnK ya. Semisal ada, kayaknya ya engga transparant gitu deh.. ]




SALAH SATU PANDANGAN YANG ENGGA NORMAL!
"Kecuali db yg dikirimkan memang untuk tas mini.. dan tas nya ga masuk .. Itu masih make sense..😊  "


Engga di read, yang lu read itu cuma yang chat mau beli doang kali ya.
Giliran komplain begini lu ga read.

"Alah... banyak bacot."
Mungkin begitu dalam hatinya.



JANGAN JADI ORANG DENGAN SUDUT PANDANG KAYAK GITU YA READERS KU YANG PANDAI. ENGGA BANGET DEH SUMPAH. 




DB yg baik itu engga ngepas maksa atau sempit.

Rasa-rasanya tiap kali aku beli tas branded atau tidak, selalu diberikan DB yang 1-2 kali lebih besar sizenya daripada size tas itu sendiri. Karena....
   
◉ Agar tas terlindungi total

◉ Agar bentuk dan tekture tas tidak berubah.
Si kulit tas bisa stress akibat terlalu sempit dia dikasih space. Hasilnya jika itu terus berlanjut.. yang tadinya permukaan tas baik-baik aja, rapi dan engga bergelombang/engga lecek ada lipatan. Malah jadi ada lipatan dan bergelombang.


Bayangin deh semisal itu DB materialnya kardus dan emang persentasi packingnya dengan kardus, kalau ga muat apa dia sendiri juga ga nyap-nyap?? 

Menurut aku, DB pada foto yg dilampirkan adalah DB yang cocok ukurannya untuk tas lebih kecil dari tas model Esther Liebeskind yang saya masukan ke dalam DB tersebut.





Dari DB juga nilai jual tas bisa turun drastis.
Entah dari DB yg kekecilan tidak seusai dengan size tas atau dari DB yang bukan aslinya atau sekalipun itu DB penganti. Semisal ada niatan tas tersebut aku jual lagi, bisa2 nama saya yg jelek karena sikon tsb, menjadikan aku seller yg kurang baik dalam memperhatikan packing tas.




________________________________________________________________


Oh iya, selain DB ada satu benda yang engga kalah pentingnya.
Mereka selalu bersama untuk menjaga tas tetap baik sikonnya saat disimpan di dalam lemari [ Mesra banget ya. XD ] yaitu si Silica Gel dan kamper. hehe..
Namun kali ini kita hanya bahas si Silica Gel-nya saja yaa~
Karena ditiap lapisan masyarakat Indonesia sudah tau serba serbi tentang Kamper. Singkat kata sudah merakyat lah citra ketenaran dia. haha..
Beda sama si Silica Gel, yang orang belum tau dia sebanyak kamper. :D




Apa sih itu Silica Gel?





Silica Gel itu berupa butiran gel kecil-kecil yang memiliki daya untuk menyerap kelembaban udara yang terperangkap dalam suatu ruang, sehingga barang yang ada di tempat tersebut tidaklah berjamur.





Ketika kamu sudah gunakan Silica Gel, ada yang harus kamu pastikan sampai kapan waktu dari fungsi kefektifannya. Kita bisa perhatikan dengan memastikan lewat ciri-ciri butiran Silica Gel tersebut.

Ada 2 warna Silica Gel yang dapat digunakan untuk merawat tas, sepatu dan ditaruh ke lemari pakaian sebagai pengganti kamper... yaitu : Putih dan Biru.
ada juga sih yang warna Orange, cuma cukp dan sering ditemui yang Biru dan Putih.



  



Dan silica itu ada 2 jenis. ada silica butiran yang moist/basah dan yang butiran kering. Kalau yang kering udah dijelasin bentuknya kayak apa di atas dan bawah, dan kalau yang basah kenyal kayak jelly. Kalau aku lebih seneng pake yang Gel kering. hehe..











Silica Gel Putih berwarna detailnya  itu bening/transparan.
Ia akan berubah menjadi putih susu sebagai indikator jika sudah menyerap banyak kelembaban atau "Expired".






Kalau Silica Gel Biru detail warnanya seperti Blau tau lebih muda sedikit dari itu.
Nah, kalau Silica Gel Biru akan berubah menjadi warna ungu atau pink/merah muda sebagai indikator dia sudah menyerap banyak kelembaban atau "Expired". WARNING! Silica Biru ini beracun, jadi tidak boleh dipakai untuk/dekat makanan dan minuman.







Kalau Silica yang orange semisal sudah expired dia akan berubah warna menjadi hijau. WARNING! Silica Orange ini juga beracun sama seperti yang biru, jadi tidak boleh dipakai untuk/dekat makanan dan minuman.









Sekarang udah banyak ko yang jual Silica Gel. Ada di Toko Online yang aplikasinya sering kita liat pada iklan di televisi atau chanel video dan ada juga yang jual di toko kimia langsung.

Untuk tau perubahan Gel-nya agar tau kapan waktunya kita bisa ganti, kita bisa ko pindahin gel-nya ke plastik Ziplock kecil. Soalnya yang dijual diluar sana kebanyakan engga transparan pembungkus Silica Gel-nya, tapi ada yang jual ko yang bungkusnya trasnparan. :)




[ Pembungkus Silica Gel yang bening/transparan ]






[ Pembungkus Silica Gel yang engga transparan ]










Setelah DB dikasih Silica Gel sebaiknya di lemari juga di kasih Kamper ya di sekitar DB, agar lebih terproteksi dari ngengat atau serangga kecil yang peka sekali terhadap aroma khas kulit tas. Plus tiap 1 atau 2 minggu sekali jangan lupa keluarkan dari lemari dan buka DB agar ada ada pergantian udara sehingga kulit tas bisa bernafas, yang menjadikan kulit tas tetap elastis~




Postingan ini engga bermaksud mencemarkan nama baik seller tersebut ya, hanya saja.. postingan ini bermaksud mengingatkan tentang peran DB yg tidak bisa dipandang sebelah mata dari segi peran fungsinya, baik itu bagi seller dan bag user.


Bagaimana menurut kalian? :)








Terima kasih atas perhatian kalian.

Sampai berjumpa lagiiii~ ;D










Shapie_YuPie

Share:

2 comments

  1. sabarr kak , sellernya lagi ngantuk keknya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. iya udah disabar2in banget itu. XD

      Eh makasih ya udah komen, salam kenal dan mari berteman~ :D

      Delete

Posting komentar kalian yaa di sini. Masih sepi nih. ^^